MISI SEKOLAH : Mengoptimalkan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan kompetitif * Menciptakan suasana ramah dan kondusif untuk membentuk kepriabadian peserta didik yang beriman dan bertaqwa * Menjalankan nilai-nilai ajaran agama dan berperilaku akhlakul kharimah dalam kehidupan sehari-hari * Meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik sesuai dengan perkembangan IPTEK * Membudayakan kegiatan 7 S yaitu senyum, salam, sapa, sopan, santun, semangat dan sepenuh hati pada seluruh warga sekolah * Menggalakkan budaya bersih menuju hidup sehat * Menggalakkan kegiatan Ekstrakurikuler sesuai dengan potensi untuk menghasilkan peserta didik yang berprestasi dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari * Menumbuhkan sikap ulet dan gigih dalam berkompetisi meraih prestasi belajar * Memperkenalkan sarana tekhnologi informasi dan komunikasi terkini di era globalisasi * Menjalin kerjasama yang harmonis antara warga sekolah dan lingkungan

Jumat, 27 September 2013

Contoh RPP Klas 4 Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Pembelajaran 1)

Satuan Pendidikan            : SD Negeri 1 Jagong
Kelas/Semester              : IV/I
Tema/Subtema               : 1/1
Alokasi Waktu                 : 6 JP (1 x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti :
1.  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar
PKN :
1.1  Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keberagaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.1  Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.4  Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

IPS :
1.3  Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3  Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya

SBDP :
1.1  Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.1  Menujukkan sikap berani meng-ekspresikan diri dalam berkarya seni

Bahasa Indonesia :
1.1  Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2  Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.2  Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4  Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

C. Indikator :
-      menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
-      mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
-      menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.
-      menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.
-      membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai

D. Tujuan Pembelajaran:
-      Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
-      Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi
dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
-      Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa
mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman
-      dalam bentuk tulisan dengan benar.
-      Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai
bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
-      Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi
yang sesuai.


E. Materi Ajar
1.    Bangun datar
a.    Bangun segi banyak
b.    Bangun bukan segi bnayak
c.    Sudut
2.    Kosakata
a.    Kosakata baku
b.    Kosakata tidak baku
F. Alokasi Waktu :
( 6x 35 menit )
G. Pendekatan/Metode/Model Pembelajaran
Pendekatan       : Scientific
K. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
ü  Guru memeberi salam dan mengajak berdoa
ü  Guru mengecek kehadiran siswa
ü  Appersepsi.
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari
Inti :
ü  Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
ü  Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa). (Penilaian no. 3)
ü  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
ü  Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”.
ü  Siswa mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran. (Penilaian no. 1, lihat di bagian penilaian)
ü  Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
ü  Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
ü  Siswa membuat kesimpulan dari tabel hasil wawancara, Guru membantu siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada pada buku siswa.
ü  Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
ü  Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman. (Penilaian no. 2)
ü  Guru menunjukkan cara menyanyikan lagu tersebut sesuai dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada. Siswa bernyanyi bersama. (Penilaian no. 4)
ü  Guru memberikan perhatian kepada mereka yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
ü  Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
ü  Setiap kelompok berpresentasi di depan kelas.
ü  Siswa diberi penguatan tentang pentingnya memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia.

Penutup :
ü  Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan itu.
ü  Guru memeberi kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
ü  Guru memberikan pesan moral untuk selalu bertoleransi, rasa ingin tahu dan teliti dalam kehidupan sehari – hari.
ü  Salam dan doa penutup.

L.Penilaian 

 
 

 
 
 


M. Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar:
Peta budaya (ada pada buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”.




Mengetahui
Kepala Sekolah




SUYANTO, S.Pd
NIP.19620426 198201 1 002

Jagong,  15  Juli 2013

Guru Kelas 4




ENI SULISTYANINGSIH, S.Pd
NIP. 19650316 199103 2 006